Belajar Microsoft Excel Dasar

 

Belajar Microsoft Excel Dasar

 Modul : Microsoft Excel

 

Û    Microsoft Excel adalah program pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft. 

Kenapa kita perlu belajar microsoft excel?

Bagi kamu yang berwirausaha seperti buka usaha makanan ayam geprek, atau minuman boba; bisa menggunakan Excel untuk stok bahan makanan/minuman, penjualan harian/mingguan, sampai mencatat keuntungan dan kerugian di akhir. Nah, kalau kamu punya karyawan, kamu bisa gunakan Excel untuk menghitung gaji karyawan, menghitung bonus, atau membuat jadwal shift masuk. 

Dengan bekal microsoft excel, kamu akan memiliki pencatatan yang rapi akan usaha kamu. Jelas untung rugi nya. Investor akan mudah percaya ketika kamu hendak mengembangkan usaha. 

Bagi kamu yang bekerja, hampir seluruh lowongan admin mensyaratkan kemampuan microsoft excel. Apabila kamu menguasai hingga hlookup dan vlookup, maka akan memperbesar peluangmu untuk memenangkan persaingan kerja. 

Kita bisa menggunakan Excel untuk membuat data, menganalisis data, menulis rumus untuk melakukan penghitungan hingga menyajikan data dalam berbagai grafik.

 

@ Mengenal Jendela Kerja Microsoft Excel

Untuk bisa menguasai microsoft excel, maka di bagian pertama ini         pengenalan microsoft excel terlebih dahulu. 

Cara belajar terbaik adalah langsung praktek. Jadi ikuti tutorial ini dengan buka komputermu ya. Jika kamu belum punya Microsoft Excel, bisa mengunduh Microsoft Excel dengan scan QR code yang ada di video.

Û    Cara masuk ke jendela kerja Microsoft Excel

a)    Klik tombol Start

b)    Cari program Microsoft Excel, bisa juga dengan melakukan pencarian dengan mengetikkan “Excel”

c)    Klik ikon program untuk memulai.

Û    Daftar menu

a)    Ada  Tab bar, Title bar, Formula bar, Kolom, Baris, Vertikal ScrollHorizontal scrollTab worksheet/lembar kerjaPage View, dst.



b)    Ketika membuka menu bar, akan muncul beberapa menu tambahan.

c)    Di dalam menu ini ada beberapa kumpulan fungsi yang lebih spesifik yang disebut sebagai ribbon. Bisa kita sembunyikan dan atur untuk ditampilkan secara permanen.

d)    Contohnya, Home tab berisi pengaturan format cells, jenis huruf, ukuran huruf, hingga format table.

e)    Insert tab berfungsi menambahkan foto, shape, clipart, grafik, dll.

f)    Page layout digunakan untuk mengatur margin halaman, orientasi dokumen, hingga mengatur ukuran kertas.

g)    Formulas tab digunakan saat akan membuat rumus.

h)    Data tab berfungsi saat kita ingin menyortir, menyaring dan menganalisis data.

i)     Review tab berfungsi jika ingin memperbaiki masalah ejaan dan tata bahasa.

j)     View tab digunakan untuk merubah tampilan dokumen.

Û    Lembar Kerja

a)    Lembar kerja atau worksheet adalah lembaran berisi tabel dan kolom untuk memasukkan data.

b)    Pada lembar kerja/worksheet, ada sheet 1, sheet 2, dst. Kita bisa mengerjakan beberapa pekerjaan Excel dalam satu file Excel.

c)    Untuk berpindah, klik judul sheetnya. Untuk mengganti nama dengan cepat, klik dua kali dengan cepat di judul sheet.

d)    Untuk menambah sheet, bisa tekan ikon + di sebelah keterangan Sheet 1.

e)    Kolom / column ditandai dengan huruf di bagian atas lembar kerja. Ada 16.384 kolom di Microsoft Excel. Untuk menuju ke sel kolom terakhir, gunakan shortcut Ctrl + End.

f)    Baris / row ditandai dengan nomor di bagian kiri lembar kerja. Ada 1.048.576 baris di Excel. Untuk menuju sel baris terakhir, gunakan shortcut Ctrl + Page Down.

g)    Sel atau cell merupakan titik temu antara kolom dan baris. Misal A5, B12, dst.

h)    Untuk mengatur lebar & tinggi kolom/baris, letakkan kursor di antara dua baris/kolom hingga muncul ikon | . Geser sesuaikan kebutuhan.

Û    Membuka & menyimpan file

@ Membuka file

a)    Klik menu File lalu Open, atau bisa menggunakan shortcut Ctrl + O

b)    Pilih lokasi atau file yang ingin dibuka

c)    Klik tombol Open

@ Menyimpan file

  • Klik menu File lalu pilih Save atau Save As. Atau bisa menggunakan shortcut Ctrl + S.
  • Ketik nama file yang diinginkan
  • Lalu klik tombol Save.
  • Bedakan antara Save dan Save As ya. Save akan menyimpan perubahan dalam 1 file. Sedangkan Save As, kita bisa menyimpan beberapa versi perubahan. Bisa untuk keperluan backup cadangan juga.

Û    Memulai Microsoft Excel 2019

Setelah tahu hal-hal dasar dalam jendela kerja Excel, saatnya kita mulai mengeksplorasi Microsoft Excel. Versi yang digunakan pada materi ini adalah Excel 2019.

@ Membuat workbook baru

a)    Buka program Excel

b)    Ada banyak template yang disediakan, bisa kita edit sesuai kebutuhan. Atau mau belajar lebih lanjut juga sudah tersedia.

c)    Bila ingin memasukkan atau membuat data sendiri, pilih Blank Workbook.

d)    Ketika ingin menambahkan workbook baru dari lembar kerja aktif, klik tab File, lalu pilih New.



@ Memasukkan data pada worksheet

a)    Klik cell data yang diinginkan.

b)    Ketikkan data teks atau angka yang ingin kita masukkan

c)    Tekan enter/tab/arah panah pada keyboard untuk berpindah ke cell berikutnya.

@ Menggabungkan sel

a)    Kita bisa menggabungkan beberapa kolom/baris menjadi 1 sel. Disebut juga sebagai fungsi Merge.

b)    Untuk menggabungkan sel, blok baris & kolom yang diinginkan, 

c)    Di menu ribbon Home, klik Merge & Center untuk menggabungkan beberapa baris & kolom sekaligus.

@ Wraptext

a)    Terkadang kita memasukkan data yang terlalu panjang sehingga data tersebut melebar dan menutupi cell sebelahnya.

b)    Kita bisa membuat data panjang tampil dalam satu cell dengan cara wrap text.

c)    Klik cell yang diinginkan. 

d)    Pada tab Home, pilih menu Wrap text. Terletak di atas menu Merge.

e)    Data yang kepanjangan tadi akan tampil dalam satu cell.

@ Copy - Cut - Paste 

a)    Sama seperti program Microsoft lain, di Excel kita bisa menyalin dan memindahkan data dari satu cell ke cell lain.

b)    Untuk menyalin data, gunakan shortcut Ctrl + C, atau klik kanan pada cell/blok yang diinginkan dan pilih Copy.

c)    Untuk memindahkan data, gunakan shortcut Ctrl + X, atau klik kanan dan pilih Cut pada cell/blok yang diinginkan.

d)    Untuk menempelkan hasil Copy/Cut tadi, pada cell yang kita kehendaki tekan shortcut Ctrl + V pada keyboard. Atau klik kanan lalu klik Paste di cell yang kita inginkan.

 

& Praktik di Rumah:

Coba masukkan data di tabel berikut ke lembar Excelmu!

 

& Daftar Stok Toko Bangunan BUDI UTOMO

Tanggal: 1 April 2021

 


Nama Barang

Stok Barang

Awal

Masuk

Terjual

Pasir Kasar

5 Truk

-

3

Semen Tiga Roda

500 Buah

100

150

Balok 10 cm

150 pc

20

-

Paralon Besar

200 pc

-

78

Ubin Keramik

500 Box

250

240

Paku Payung

50 Kg

-

23

 

Selamat Belajar dan Mencoba.

Comments